Skip to main content

Pengalaman Belajar Writing IELTS Task I

Seperti yang telah kuceritakan sebelumnya bahwa aku baru saja mengambil ujian IELTS di IDP Medan. Nah, sebelum ujian aku mengadakan latihan secara otodidak dengan pewaktu dari handphone lalu mendiskusikan hasilnya dengan Miss Mutia, direktur The English House Medan. Berikut ini adalah hasil diskusiku dengan Miss Mutia.


Soal yang kupilih saat itu adalah soal Task I dalam bentuk tabel yang kudapatkan dari buku latihan IELTS dari Cambridge.

Soal dari Buku Latihan IELTS Cambridge
Lalu model jawaban yang kutuliskan dalam waktu 20 menit:

The table gives information about the number of sales for four items (coffee, tea, pastries, and sandwiches) in a coffee shop daily from 7:30 A.M. to 8:30 P.M. 

Overall, coffee, tea, and pastries were mostly sold in the morning (7:30-10:30), while sandwiches were purchased most at lunchtime (10:30-2:30) 

As seen on the table, pastries and coffee were the two largest numbers of sales in the morning (7:30-10:30) with 275 sales and 265 sales, respectively, whereas tea was only purchased for 110 times, and sandwiches were bought as many as 50 sales. In contrast, at lunch time (10:30-2:30), coffee only had 185 sales, tea only obtained 50 sales and pastries was at 95 sales; sandwiches, however, increased in sales during this time with 200 purchases. 

In the afternoon (2:30-5:30), the most popular item was pastries with 150 sales, followed by coffee(145 sales), and tea (35 sales), while at dinner time (5:30-8:30), more people bought coffee with 200 purchases in the mentioned coffee shop; the second most popular at this time was sandwiches with 110 sales, followed by pastries (80 sales) and tea (75 sales).

Ada 185 Kata dan menurut Miss Mutia aku bisa mendapatkan nilai sekitar 6-6.5 dengan model jawaban seperti di atas. Sebenarnya, saat latihan itu aku ada salah spelling dan beberapa kesalahan Grammar, versi yang kutampilkan di atas adalah versi yang lebih baik. 

Nah, tips yang diberikan untuk IELTS Writing Task I adalah:
  1. Ingat strukturnya: paragraf pertama itu introduction dengan memparaprase soal dan memperkenalkan grafiknya. Paragraf kedua itu overview atau gambaran umumnya (ingat ya di sini belum boleh ada data yang detail). Paragraf Ketiga dan Keempat itu body of essay dimana kita menjelaskan secara detail yang sudah kita berikan di overview, nah pada bagian ini harus ada data ya alias angka. 
  2. Pilihlah poin-poin penting yang akan dijelaskan. 
  3. Untuk Tabel, tips dariku jika kamu bingung mau mulai analisis dari mana, kamu bisa buat versi grafik berupa Bar Chart dulu sehingga jelas variabel X dan Y nya dan memudahkan kamu dalam analisis. 
  4. Jangan sampai salah baca data atau salah menuliskan angka ya, karena itu berpengaruh juga ke penilaian. 
Bagaiman dengan real test yang kujalani? Untungnya aku dapat diagram sehingga tidak perlu analisis dan hanya menulis kayaknya menuliskan prosedur penelitian. Hasilnya? Overall aku dapat 6.5 untuk Task I dan Task II, dan ini termasuk lumayan susah mendapatkannya. Mungkin itu aja tips dari aku kali ini. Kalau kamu mau belajar juga seperti aku bisa ke The English House Medan.

The English House Medan
http://www.theenglishhouse.id/
0852 7053 8000
Jl.DR. Mansyur Padang Bulan Selayang (Komplek Episentrum), Padang Bulan Selayang I, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20153.

Comments