Skip to main content

Lima Channel Youtube Worth to Watch

Aku sudah lama menghentikan menonton televisi (televisi kami rusak dan kami tak berniat untuk memperbaikinya), hingga ketika mahasiswa bercanda dengan menggunakan kalimat dan guyonan dari iklan di televisi, aku tidak tahu apa yang mereka bicarakan, dan gagal-lah mereka dalam bercanda. 


Sekarang, aku lebih suka menonton channel Youtube karena aku dapat memilih apa yang ingin kutonton. Akhir-akhir ini, aku sering mendapati channel-channel bagus yang akhirnya ku-subscribe, kebanyakan channel tentang pengembangan diri. Berikut ini adalah daftar channel Youtube yang ku-subscribe dan menurutku memiliki dampak positif setelah menontonnya.

  1. PaigeY. Aku tak ingat lagi bagaimana caranya aku bisa sampai menemukan channel ini, yang jelas aku sangat suka menontonnya. Video pertamanya yang kutonton adalah: DAY IN THE LIFE: 2ND YEAR PHYSICS STUDENT AT CAMBRIDGE UNIVERSITY. Jadi Channel ini adalah vlog dari seorang mahasiswa fisika Cambridge University, dan di dalam vlog-nya dia bercerita tentang bagaimana dia belajar, bagaimana kehidupan kampus Cambridge, dan tentang kehidupannya sehari-hari (kebanyakan tentang belajar atau pengalaman unik). Dengan menonton channel ini, kita bisa melihat kehidupan sehari-hari seorang pelajar di universitas ternama nun jauh di sana, mengetahui kebudayaan mereka, dan mendapatkan motivasi untuk belajar dengan rajin. Menurutku channel ini sangat bagus ditonton oleh mahasiswa tingkat persiapan dan siswa SMA. Bahkan, seorang anak (11 tahun) berkomentar di salah satu videonya bahwa dia akan rajin belajar karena ingin menjadi seperti Paige ketika besar nanti. Aku sangat salut dengan manajemen diri dari Paige yang sepertinya memiliki waktu istirahat yang lumayan sedikit (bagiku) dengan porsi makan yang sedikit (bagiku hanya seperti snack saja). Sungguh menginspirasi! Sebenarnya ada banyak channel vlog seperti ini, tetapi entah kenapa aku suka dengan gaya Paige dalam bercerita dan gaya videonya (mungkin karena dia juga berasal dari jurusan fisika). Keuntungan dari menonton blog ini: Latihan listening Bahasa Inggris, dan membuka wawasan tentang kehidupan dan kebudayaan pelajar di luar negeri.
  2. Thomas Frank. Akibat seringnya membuka channel Youtube tentang pengembangan diri, akhirnya aku menonton salah satu video Thomas dan langsung subscribe (bukan karena si doi ganteng ya) karena aku sangat menyukai isinya. Video pertama yang kutonton adalah: 6 Books That Completely Changed My Life. Jadi, Thomas adalah seorang lelaki berumur 27 tahun yang memiliki jurusan manajemen sistem informasi. Tujuannya membuat video-video Youtube adalah untuk memberikan tips-tips dalam pengembangan diri. Selain melalui youtube, dia juga memiliki blog yang juga sangat bagus ditonton pelajar, kamu bisa buka: collegeinfogeek. Menurutku channel ini sangat bagus untuk ditonton karena memberikan tips-tips untuk pengembangan diri seperti: Bagaimana caranya agar tidak suka membuang-buang waktu, bagaimana caranya menjadi lebih disiplin, bagaimana agar belajar lebih efektif, dan bahkan sampai hal-hal yang berbau kesehatan, misalnya tentang waktu tidur, dll. Keuntungan menonton blog ini: Latihan listening Bahasa Inggris, belajar pengembangan diri, dan mendapat wawasan baru, misal tentang psikologi dan kesehatan.
  3. Pick Up Limes. Pertama kali aku menonton channel ini karena aku tertarik dengan bagaimana mengatur makanan yang sehat dan bernutrisi banyak. Dan, video di Pick Up Limes memang banyak mengandung unsur pembahasan makanan yang bernutrisi. Video pertama yang kutonton adalah HEALTHY EATING HACKS » + printable guide. Pick up Limes adalah channel yang dibuat oleh seorang ahli nutrisi yang vegetarian bernama Sadia (Matanya bagus banget dan suaranya sangat lembut). Tujuannya membuat channel tersebut adalah untuk menginspirasi banyak orang untuk hidup sehat dan minimalis. Jadi isi dari channel ini kebanyakan tentang bagaimana mengatur makanan (vegetarian), kegiatan apa saja yang sehat dilakukan, hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi tubuh kita, bagaimana hidup minimalis, bahkan tentang travelling. Keuntungan menonton channel ini: Latihan listening Bahasa Inggris, belajar nutrisi makanan seimbang, dan tentu saja menambah wawasan. 
  4. Jay Shetty. Ketika aku menonton video Thomas Frank, aku mendapati video dari Jay Shetty pada list tontonan selanjutnya. Berhubung saat itu aku sedang suka menonton video tentang review buku jadi kutonton juga video Jay Shetty ini. Bagusnya video ini adalah terkadang dia juga menyediakan subtitle Bahasa Inggris sehingga kita bisa belajar vocabulary juga disini. Video pertamanya yang kutonton adalah How I Read A Book A Day | Weekly Wisdom Episode 2 by Jay Shetty. Dan demi mendengar gayanya bercerita, maka langsung saja aku tekan Subscribe. Jadi, Jay Shetty ini seperti motivator yang juga membuka layanan coaching. Videonya akan berisi tentang motivasi, tentang bagian dari hidup yang mungkin sering kita lupakan. Selain channel Youtube, dia juga punya website: Jayshetty. Keuntungan menonton channel ini: Latihan listening Bahasa Inggris, belajar memotivasi diri sendiri, dan tentu saja menambah wawasan.
  5. Ana Mascara. Channel ini memang tidak memiliki subscribers sebanyak channel Jay Shetty, tetapi channel ini juga menyuguhkan hal-hal yang bagus untuk ditonton, jadi sebenarnya Ana Mascara ini adalah lulusan psikologi klinis dan manajemen proyek sehingga kebanyakan pada videonya dia akan memasukkan unsur-unsur psikologi ataupun manajemen. Channel ini berisi tentang bagaimana memanajemen diri dan juga tips-tips belajar. Dari menonton video ini, aku jadi tahu bahwa secara psikologis, jika kita ingin mendapatkan hasil maksimal, maka sebaiknya kita menggunakan saraf sensoris kita semaksimal mungkin. Lagi-lagi video pertama yang kutonton adalah tentang membaca buku: 10 Active Reading Strategies // Study Less Study Smart. Nah, seteah menonton videonya aku langsung subscribe karena menurutku videonya memberikan pelajaran yang baru dan bagus. Keuntungan menonton channel ini: Latihan listening Bahasa Inggris, belajar psikologi, dan tentu saja menambah wawasan.
Sebenarnya selain channel di atas, aku juga subscribe beberapa channel lain, tetapi kebanyakan tentang memasak makanan dan fisika. Channel di atas menurutku lebih bagus ditonton di waktu senggang untuk hiburan dibanding menonton televisi yang hanya memberikan drama-drama yang tidak mengandung unsur pembelajaran. Meskipun demikian, karena channel-channel di atas adalah dari budaya barat, maka kita harus kembali juga memperbanyak ilmu agama masing-masing agar tetap memegang prinsip masing-masing. Intinya menonton channel itu kita juga harus berpikir kritis tentang apa yang mereka sampaikan. Jika baik, maka dapat kita ambil, jika tidak sesuai dengan agama kita, dapat kita tinggalkan. 


Comments

Post a Comment