Skip to main content

Website Asyik Buat Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, sumber belajarnya banyak sekali dan rasanya juga sangat seru mendengarkan diri sendiri membunyikan kata dalam bahasa Inggris yang suka memaksa kita untuk menggulung-gulung lidah ke atas.



Motivasiku untuk memperdalam Bahasa Inggris tiba saat aku bersekolah di SMA Muhammadiyah (meskipun akhirnya aku pindah sekolah). Pada saat itu, kepala sekolahnya memotivasi para siswa/i untuk memperdalam Bahasa Inggris karena bahasa itu adalah salah satu syarat untuk lulus STAN (yang gajinya besar), aku pun terpana mendengarkan ceramah singkat yang sangat memotivasi itu, selanjutnya aku pergi ke toko buku buat membeli buku grammar tebal dan tekun membacanya (Meskipun nasibku berakhir di Fisika USU bukan STAN karena aku pada akhirnya tidak tertarik mendaftar STAN). Ternyata metode mempelajari buku tebal itu agak efektif karena akhirnya nilai bahasa Inggris-ku naik di tingkat SMA.

Namun, pada saat aku berkuliah dan pada suatu kesempatan, aku tiba-tiba disuruh presentasi dalam Bahasa Inggris di hadapan para dekanat MIPA, dan hal yang bisa kukatakan hanyalah: "Ok", hahahaha....Aku pun memutuskan untuk kursus karena malu.

Sejauh ini, aku hanya pernah belajar di dua tempat kursus, yaitu Briton English School Medan dan The English House Medan, selebihnya aku biasa mendapat bahan dari menonton Youtube dan beberapa website. Meskipun bahasa Inggrisku tidaklah terlalu bagus-bagus amat, tetapi ada beberapa hal yang kurasa efektif buatku untuk mendalami bahasa Inggris (semoga untuk kalian juga).
  1. Untuk perbendaharaan kata (vocabulary) biasanya aku dapat dari: membaca paper dalam bahasa Inggris, menghapal kata dari lirik lagu bahasa Inggris yang kusuka dan menonton film dengan subtitle Bahasa Inggris.  
  2. Untuk pronounciation, aku biasa mendengar dari Youtube atau dari kamus English-English Cambridge. 
  3. Aku juga suka menonton video Youtube yang memang memperkenalkan beberapa vocabulary.
Selain hal di atas, berikut ini aku rekomendasikan beberapa website asyik buat belajar Bahasa Inggris:
  1. bbc.co.uk. Website ini awalnya direkomendasikan oleh Bu Mutia, direktur The English House Medan, dan memang benar-benar bagus untuk belajar Bahasa Inggris. Aku paling suka membuka bagian 6 minutes English, dimana kita bisa mendengarkan percakapan dua orang native speaker in English membicarakan suatu hal yang sedang populer. Pembicarannya tidak begitu formal seperti berita, tetapi tetap memberikan ilmu pengetahuan. Selain itu, pada acara ini kita bisa belajar menghapal beberapa kata yang memang jarang kita dengar, juga mereka menyediakan audioscript. So, bagus banget buat melatih listening skill kita. Nah, satu lagi yang kusuka disini adalah 'Drama', dimana akan ada drama singkat yang bikin kita penasaran. Untuk drama ini, kita dapat mendengar aksen British yang sangat kental, juga ada efek suara sesuai situasi saat itu. Seru banget kan! Ada lagi program-program belajar lain yang bisa kita nikmati di website ini. Nah, kalau kita malas banget buat buka website-nya di laptop, sekarang program belajar bbc juga ada di Google Play Store, bisa buat kata kunci BBC Learning English atau 6 minutes English, ntar muncullah beberapa aplikasi yang bisa kita download dan gunakan. Selamat mencoba.
  2. Channel Youtube: Emmenglish by Emma, Aku sangat suka dengan cara penyampaiannya, dua video yang sangat kusukai adalah tentang 'Silent Letters' dimana pronunciation dan juga gerakkan mulutnya sangat dapat membantu kita untuk dapat mengucapkan kata dengan benar. Selain itu, terkadang juga dia memberikan video yang aplikatif yang mengajarkan beberapa budaya British, misalnya video tentang vocabulary dalam memasak sarapan khas British. So, I really suggest you to watch this channel.
  3. Bagi kalian yang ingin menekuni Bahasa Inggris untuk IELTS, sangat kusarankan untuk berkunjung ke website: iletsliz.com oleh Liz. Penjelasan yang diberikan Liz sangat gamblang, beliau juga menyertakan contoh-contoh yang sangat relevan dan mudah diikuti (terutama dalam writing), sebenarnya beliau menyediakan kursus online, tetapi tentunya berbayar, namun dengan membaca websitenya saja kita akan merasa terinspirasi untuk terus belajar dan mendapatkan banyak ilmu. Selamat mencoba.
  4. edx.org. Website ini sebenarnya bukan hanya untuk belajar Bahasa Inggris, tetapi juga kuliah lain (dalam Bahasa Inggris) dan gratis lagi. Oleh karena itu, aku mempergunakan website ini untuk belajar pelajaran yang kuinginkan plus melatih Bahasa Inggrisku. Ada berbagai macam pelajaran yang disediakan di sini, bisa dikatakan sangat lengkap. Tak salah kan untuk mencoba.
  5. Channel Youtube: EngVid (dengan trainer Ronnie), aku sangat suka dengan gaya beliau mengajar karena sangat lucu sehingga tidak membosankan, disini biasanya aku belajar Bahasa Inggris untuk sehari-hari yang banyak tidak kuketahui. 
  6. ieltsmaterial.com. Website ini menyediakan e-book Bahasa Inggris yang sangat banyak, terutama untuk IELTS. Awalnya seorang teman merekomendasikan website ini dan ternyata isinya sangat bagus. Worth to try!
  7. BBC Radio. Kalian bisa coba mendengarkan Why Factor disini yang berdurasi 23 menit sambil bekerja ringan, pasti merasa seru! Ada aplikasinya juga, dan kusarankan untuk membuka di aplikasi saja.
Demikianlah list website yang sangat kusuka dalam mempelajari Bahasa Inggris, semoga juga bermanfaat untuk kalian. Selamat Belajar!

Comments