Skip to main content

Study Tour di Taiwan (Rendah Hati dan Murah Hati)

Tulisan ini adalah tulisan terakhir tentang hal-hal yang saya pelajari dari orang-orang Taiwan, yaitu: sikap kebanyakan mereka yang rendah hati dan murah hati, meskipun tak dapat dipungkiri bahwa di belahan dunia manapun pasti akan ada orang yang sombong. Berikut ini adalah beberapa pengalaman yang benar-benar menyentuh hati saya:

Pedesaan di Changhua, Taiwan


  • Mereka benar-benar menerapkan ilmu padi: makin berisi, makin merunduk. Pada suatu hari, saya  hendak menandatangani surat keterangan pembuatan kartu identitas pekerja paruh waktu di kantor departemen yang terletak di lantai 4. Sebenarnya saya tahu bahwa ketua departemen fisika adalah seorang profesor yang berkantor di lantai 3, tetapi saya hanya ingin memastikan bahwa saya harus menandatangani surat tersebut di kantor departemen. Setelah bertanya kepada salah satu pegawai, pegawai tersebut pun menelpon seseorang, akhirnya pegawai tersebut menyuruh saya untuk duduk menunggu. Tak lama kemudian, profesor tersebut datang dan menandatangani surat saya, setelah itu kami turun bersama-sama ke lantai 3 karena kebetulan letak laboratorium saya ada di lantai 3 juga. Jadi, intinya profesor tersebut hanya datang ke kantor untuk menandatangani surat saya, padahal bisa saja dia meminta pegawai tersebut untuk mengatakan kepada saya agar datang ke kantornya saja. Ini pengalaman yang sangat menarik bagi saya. 
  • Dalam beberapa kesempatang berkunjung ke rumah orang Taiwan, contohnya ke rumah Vicky, ayahnya akan sangat bermurah hati membelikan kami makanan jika kebetulan kami sedang berada di luar dan bahkan ayahnyalah yang membelikan oleh-oleh yang  saya bawa pulang ke Indonesia. Juga, ketika berkunjung ke salah satu pengusaha teh dari daun ubi rambat, beliau sangat murah hati dengan memberikan  kami masing-masing satu kotak teh dan menjamu kami dengan sangat ramah. Bahkan supir dan panitia acara yang turut serta juga diberi oleh-oleh sekotak teh dari perusahaannya.
Demikianlah contoh beberapa pengalaman yang menyentuh hati saya. Semoga saya bisa mengikuti sifat-sifat baik tersebut dan istiqamah.

Comments