Skip to main content

Website Asyik Sebagai Sumber Belajar IELTS

Salah satu ujian bahasa Inggris yang penting untuk dipelajari adalah IELTS yang merupakan kependekan dari International English Language Testing System. Ujian ini biasanya diambil untuk orang-orang yang ingin melanjutkan kuliah atau bekerja secara internasional, terutama di negara-negara-negara Eropa, Australia, dan Selandia Baru. Sedangkan untuk negara-negara di Asia atau di Amerika dapat mengambil ujian TOEFL (ITP atau IBT). 

Jika selama ini, TOEFL ITP (yang berbentuk paper based-test) adalah ujian yang sangat  populer di Kota Medan karena relatif lebih murah dibanding IELTS atau TOEFL IBT (dan soal ujiannya pun relatif lebih sedikit: tidak menguji speaking dan writing). Maka, saya sebenarnya lebih menyukai IELTS, mengapa? Karena IELTS benar-benar menguji kemampuan komunikasi kita, yaitu: Reading, Writing, Speaking, dan Listening. Selain itu, saya juga berkesimpulan bahwa dengan mempersiapkan diri untuk ujian IELTS sebenarnya kita juga mempersiapkan diri untuk berbahasa Inggris dengan baik dan benar, dikarenakan adanya ujian Speaking dan Writing yang sangat aplikatif. 

Berbeda dengan TOEFL ITP yang memiliki nilai ratusan, nilai IELTS justru dalam orde satuan (0-9). Berikut diberikan tabel nilai IELTS:


Sistem pengkoreksiannya pun dilakukan secara manual, sehingga dalam menuliskan jawaban kita harus benar-benar memperhatikan tanda baca dan dalam penggunaan huruf kapital. Untuk test speaking, kita akan dihadapkan langsung dengan penguji yang berasal dari orang dengan bahasa ibu Bahasa Inggris, jadi seperti interview dalam Bahasa Inggris. Sungguh menarik, bukan?

Baiklah untuk tidak berpanjang waktu, berikut akan saya berikan beberapa situs  yang dapat membantu kamu untuk mempelajari IELTS secara otodidak terlebih dahulu:
  1. Untuk dapat mengunduh materi-materi IELTS dalam bentuk e-book dan audio, dapat dilakukan di: ieltsmaterial.com.
  2. Untuk dapat mengerti tentang sistem pengujian dan mendapatkan tips untuk ujian, bisa buka: ielts.org atau ieltsessential.com
  3. Untuk dapat melakukan pengecekan tulisan/esay latihan kita: https://prowritingaid.com/
  4. Jika materi-materi di e-book yang kita punya sudah habis semua, maka bisa mencoba membuka laman: British Council.
  5. Untuk Listening, terkadang saya juga ambil contoh ujiannya melalui Youtube dengan kata kunci: recent test of IELTS listening untuk mendapatkan ujian terbaru.
  6. Untuk melihat contoh-contoh speaking test juga bisa di Youtube dengan kata kunci: IELTS Speaking Full Test.
  7. Saya juga pernah ambil course di edx.org untuk IELTS.
  8. Untuk mencoba soal yang agak lebih sulit, bisa dicoba untuk buka di: ieltsliz.com.
Bagi saya, meskipun sudah belajar otodidak, belajar dengan bantuan tutor atau trainer tetap diperlukan agar ada orang yang dapat memberikan feedback ke kita, misalnya dalam menulis atau berbicara. Nah, di Kota Medan ada tempat khusus belajar IELTS yang bagus dan terjangkau yaitu di The English House Medan. Kalau  penasaran bisa buka websitenya di theenglishhouse.id

Semoga bermanfaat !! dan terus semangat membangun!!

Comments