Skip to main content

Day-Glo: Lebih Terang dari Terang

Cahaya memang salah satu topik pembahasan yang sangat menarik bagiku; Bukan hanya karena sifat dualisme yang dikandungnya tetapi juga karena aku selalu memerlukannya.  Kali ini,  aku akan menuliskan salah satu pembahasan menarik dari buku, "Kalo Einstein Lagi Cukuran,  Ngobrolin apa ya? " karya Robert L. Wolke, yaitu pembahasan mengenai cat yang bersinar lebih terang dibanding warna aslinya, seakan-akan cat tersebut memancarkan cahaya sendiri.  Yang mana sih?  Itu lho cat yang dipakai di marka jalan yang berbentuk kerucut itu! Ato yang dipakai di baju-baju petugas kontraktor bangunan yang warnanya kuning itu! Baiklah, aku beri foto contohnya ya.

Salah satu contoh marka jalan yang memakai cat day-glo
Nah, sudah tahu kan yang mana? Kalau di Amerika sana, cat tersebut diproduksi oleh perusahaan Day-Glo hingga perusahaan itu menjadi perusahaan besar yang memproduksi berbagai produk seperti safety vest, marka jalan hingga highligthing pens (dan mereka pun  memperoleh banyak keuntungan). Sekarang kita akan membahas sedikit resep rahasia dibalik semua keuntungan (cat berpedar) tersebut secara fisika.

Jadi, cat yang dimaksud itu sebenarnya secara fisika mengalami sesuatu yang dikatakan sebagai florescence atau perpedaran. Dimana dalam proses ini, molekul cat akan menyerap radiasi dengan energi tertentu dan memancarkannya kembali dengan energi yang lebih rendah. Dalam hal ini, molekul cat Day-Glo ini akan menyerap radiasi matahari berupa sinar ultraviolet yang tidak terlihat oleh kita (sinar ini memiliki energi yang besar) dan memancarkannya sesuai dengan warna yang dikandungnya (energi warna ini lebih kecil).

Sebenarnyalah bahwa ini adalah ulah para elektron yang bersemangat di dalam molekul-molekul tersebut. Elektron-elektron tersebut nyatanya bisa suka sekali mengambil energi dari luar. Dan ketika kuanta cahaya (foton) datang menuju molekul cat, elektron secara otomatis akan mengambil energi mereka dan meloncat ke kulit dengan tingkat energi yang lebih tinggi (eksitasi). Sayangnya, hal itu hanya terjadi satu persekian juta detik dan elektron pun harus kembali ke kulit asalnya dan melepaskan energi tersebut dalam jumlah yang lebih kecil. Hingga kita menangkap tambahan energi tersebut sebagai penerang cat (seperti cahaya lampu saja!). Jadi, proses ini akan terus berulang hingga kita mendapati benda dengan warna yang bersinar melebihi warnanya.

Lalu, bagaimana dengan gelang atau mainan yang dapat bersinar terang didalam gelap? Kita akan bahas itu nanti ya! 

Baiklah, hikmah dari pembahasan ini adalah bahwa ternyata Allah menciptakan setiap ciptaannya untuk memiliki karakteristik untuk bersemangat (seperti elektron ini) dan memiliki keinginan untuk naik atau maju, begitu juga dengan kita! Jadi, ayo bersemangat menjalani hidup!! Allah pasti memberikan jalan kepada kita untuk mendapatkan energi tambahan agar kita bisa maju,  insyaAllah.

Comments