Skip to main content

Review Buku Dr. 'Aidh (2): Cari Penyemangat Hidupmu!

Hidup yang naik-turun membuat semangat kita juga kadang menjadi naik-turun. Namun, dengan menekuni kembali hobi lama yang telah ditinggalkan atau membaca beberapa buku bagus mungkin dapat  kembali menyegarkan hidup dan semangat kita. Memang benar, penyegaran diri itu diperlukan, bahkan mungkin dapat dilakukan secara berkala. Layaknya aplikasi-aplikasi di handphone kita yang perlu di-update dan di-restart.

Salah satu buku bagus yang juga telah ku-review sebelumnya adalah buku Dr. 'Aidh al-Qarni dengan judul, "Menjadi Wanita Paling Bahagia". Kali ini aku akan kembali me-review dan menuliskan bebera point-point penting yang kudapat dari buku tersebut. 

Salah Satu Buku Dr.'Aidh yang bagus dibaca

Pada Bab yang berjudul "Yaqut", Dr. 'Aidh memberikan intisari tulisan dari seorang psikolog Amerika, yaitu Dr. Dick yang menguraikan tentang 10 faktor kebahagiaan. Faktor-faktor ini tentu saja akan memberikan dampak yang berbeda bagi setiap orang yang menerapkannya dan pastinya ada banyak buku motivasi lain yang memberikan faktor-faktor kebahagian yang berbeda dari faktor-faktor yang diuraikan disini. Namun demikian, dengan membaca ke-10 faktor ini mungkin saja kita mendapat suatu inspirasi untuk menjalankan kehidupan dengan lebih bersemangat. Ke-10 faktor yang dimaksudkan, yaitu:
  1. Dalam memilih pekerjaan, sebaiknya pilihlah pekerjaan yang disenangi dan selingilah pekerjaan tersebut dengan hobi lain. Terkadang, kita cukup beruntung jika mendapatkan suatu pekerjaan yang sesuai dengan hobi. Namun, bagaimana jika kita sudah terlanjur masuk ke jalur yang tidak sesuai dengan apa yang kita senangi. Hal ekstrim yang bisa kita lakukan adalah dengan cara keluar langsung dari jalur tersebut dan menuju jalur yang kita senangi. Atau kita bisa juga tetap berada pada jalur tersebut dan menyelingi hidup kita dengan hobi yang kita senangi. Kita tinggal memilih saja.
  2. Menjaga kesehatan juga ternyata menjadi faktor penting mencapai kebahagiaan. Hal ini meliputi olahraga, makanan, dan kebiasaan hidup. Pengingat yang baik adalah bahwa Rasulullah SAW pernah berpesan bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga dengan makanan dan gaya hidup, sebaiknya adalah tidak berlebihan.
  3. Hal penting lain yang kadang sering terlupakan: Harus memiliki tujuan hidup. Banyak buku menganjurkan kita untuk menuliskan tujuan atau hal-hal yang ingin kita capai dalam hidup sehingga jika suatu saat semangat kita lagi turun, kita dapat membukanya kembali dan membacanya sebagai pengingat.
  4. Selalu bersyukur atas apa yang terjadi pada diri kita. Semua orang sukses juga pasti pernah mengalami masa-masa sulit, hanya saja terkadang kita melihat di permukaan saja hingga kita merasa hidup kita jauh lebih buruk dari kehidupan orang-orang sukses itu. Namun, Allah selalu mengingatkan kita bahwa jika kita bersyukur, maka Dia akan menambah nikmatnya kepada kita. "Yakin", itu saja yang perlu kita tanamkan. Ingat juga bahwa, "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya".
  5. Hiduplah hari ini dan saat ini dengan semangat. Hari yang lalu adalah sesuatu yang mustahil diambil kembali dan hari esok adalah sesuatu yang tak pantas untuk dirisaukan sekarang. Sekedar pengingat saja bahwa Allah memberi sesuai prasangka hambanya, jadi tetaplah berpikir positif (hal ini juga bagian dari self-talk yang akan kucoba tuliskan di artikel berikutnya).
  6. Berpikir sebelum berbuat ternyata perlu dilakukan. Kita tidak dapat menyalahkan siapa pun jika terjadi hasil yang tak diinginkan karena salahnya mengambil keputusan. Kita adalah pengendali hidup kita. Allah juga menciptakan kita untuk menjadi pemimpin di muka bumi, minimal menjadi pemimpin bagi diri sendiri.
  7. Cobalah untuk selalu melihat ke bawah dalam hal keberuntungan hidup, hal ini akan membuat kita selalu bersyukur dan sekaligus berempati terhadap orang lain.
  8. Berlatih untuk selalu tersenyum merupakan hal yang penting dilakukan. Senyum akan merangsang hormon kebahagiaan dalam diri kita sendiri dan juga akan membahagiakan orang lain.
  9. Memiliki sifat sosial yang tinggi dan senang membahagiakan orang lain juga ternyata berpengaruh bagi tubuh kita sendiri. Hasilnya, hidup kita juga akan lebih bahagia.
  10. Memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, yaitu menggunakan waktu luang dengan produktif. Berbagai kesempatan yang baik juga sebaiknya kita manfaatkan sebagai jalan menuju kebahagiaan. (Sepertinya pada artikel berikutnya, aku juga akan membahas tentang manajemen waktu dari bukunya Stephen R. Covey) 
Demikianlah ke-10 cara untuk mendapati hidup yang lebih bahagia. Ada banyak hal lain yang berasal dari buku lain, tugas kita adalah tetap mencari dan mencari penyemangat hidup. Membaca Al-Qur'an adalah hal yang mutlak bagi seorang muslim, dengannya-lah kita mendapati hati kita kembali dan memperoleh semangat berkali-kali. Buku-buku lain juga dapat kita baca untuk melengkapi hari-hari kita. 
Jangan kau gelisahkan peristiwa semalam. Karena di dunia ini tak ada peristiwa yang kekal (-Dr. 'Aidh al-Qarni-)
 Bagi muslim, pada setiap pagi dan petang kita diajarkan untuk membaca doa berikut ini,

Semoga artikel ini bermanfaat, :).

Comments