Skip to main content

The Trip: Menyusuri Sebuah Kreativitas (1) di Tainan

Kali ini, saya mengusung sebuah seri tulisan beserta hasil jepretan saya tentang beberapa tempat yang sempat saya kunjungi, terutama di Negeri Formosa (Taiwan). Untuk tulisan pertama ini, saya akan mengulas sebuah tempat pariwisata yang unik dan kreatif yang mungkin bisa kita imitasi dan kreasikan kembali di Indonesia tercinta, terutama di kota kelahiran saya, Medan. 


Tempat yang akan saya ulas ini bernama, Blueprint Cultural and Creative Park (BNP) Tainan, yang terletak di Kota Tainan, Taiwan. Saya berkesempatan mengunjungi kota ini bersama teman-teman di laboratorium saya atas kebaikan hati salah seorang teman lab yang memang kelahiran Tainan (Vicky). Keluarganya pun dengan hangat menyambut kami dan dengan senang hati pula menyediakan akomodasi untuk kami menginap selama beberapa hari di Tainan. Menurut informasi yang beredar, orang-orang Taiwan bagian selatan memang lebih ramah dibandingkan dengan orang-orang Taiwan bagian tengah ataupun utara (walaupun secara keseluruhan orang-orang Taiwan itu ramah dan ringan tangan), dan hal itu memang saya rasakan selama saya mengunjungi Tainan. 

Baiklah, kembali ke BNP Tainan. Tempat pariwisata yang dibangun pada Desember 2015 ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kota Tainan dan para seniman. Tempat ini dibangun sebagai ganti penghapusan lukisan grafiti yang berada di Jalan Haian, Tainan. Awalnya tempat ini adalah asrama pemerintahan Jepang yang kemudian direnovasi dan dibangun kembali dengan memadukan berbagai konsep, baik arsitektur barat maupun arsitektur timur. Konsep yang saya lihat adalah sebuah taman yang terdiri dari sederetan pertokoan dengan arsitektur yang berbeda-beda. Masing-masing toko didesain sekreatif dan seunik mungkin sehingga pengunjung dapat berfoto ria di depan masing-masing toko, atau bahkan masuk ke toko untuk dapat menikmati hasil kreatifitas para seniman Taiwan, baik itu kartu pos yang lucu dan unik, tas tangan unik, berbagai hasil kerajinan kayu ataupun menikmati hidangan snack yang menunjukkan identitas khas Kota Tainan.






Daerah pertokoan keren BNP Tainan

Hasil jepretan Vicky yang menawan
Selain area pertokoan yang indah, pengunjung juga disajikan berbagai lukisan grafiti yang bernilai seni tinggi menghiasi area-area dinding yang kosong, hal ini menunjukkan bahwa kreatifitas dapat dilakukan di setiap sudut, bahkan dengan area sekecil apapun. 




Lukisan grafiti yang menawan di setiap sudut kosong

Namun, area utama dan ikon utama dari tempat ini adalah rumah yang dilukis biru putih (blueprint) sehingga menghasilkan perspektif 3D (terutama jika malam hari), sangat bagus untuk orang yang suka berfoto ria atau fotografi. Jika pengunjung sudah puas berkeliling area ini, mereka juga bisa langsung berjalan-jalan di sebuah mall besar yang tepat berada di depan area ini, Shin Kong Mitsukoshi’s Ximen store. Jadi, tempat ini sangat bagus untuk dikunjungi.



The main icon: Blueprint House

Bagi yang masih berada di Taiwan dan ingin mengunjungi tempat ini di Tainan, berikut ini alamatnya:

藍晒圖文創園區 Blueprint Culture & Creative Park
AddressLane 689, Section 1, Ximen Rd, South District, Tainan City, Taiwan 702

Sumber informasi: https://www.rtaiwanr.com/tainan/blueprint-culture-creative-park
Photography by: Utari, Benny, and Vicky


Comments