Skip to main content

EDX: Website yang Bagus untuk Belajar Otodidak

Bermula dari seniorku yang mem-posting sebuah website untuk belajar IELTS secara gratis, aku pun mulai membuka website tersebut. Ternyata website tersebut adalah edX: www.edx.org yang kebetulan membuka kursus untuk IELTS gratis dari Queensland University. Kira-kira beginilah tampilan dari website edX tersebut: 

Tampilan depan website belajar EDX

Seperti yang kita lihat pada gambar di atas, ada banyak kursus yang dapat kita pelajari yang berasal dari universitas-universitas ternama. Jadi, walaupun kursusnya gratis tetapi tetap berkualitas. Dan menurutku sangat bagus untuk teman-teman yang ingin mempelajari sesuatu secara otodidak karena memiliki paduan yang cukup jelas. 

Jika tertarik untuk mengikuti kursus ini, pertama sekali tentunya kita harus registrasi di menu 'Register'. Selanjutnya kita bisa memilih kursus yang kita ingin ikuti. Oh ya, selain itu kita juga dapat berlangganan e-mail pemberitahuan kursus yang baru dirilis yang juga sangat bermanfaat. Terutama bagi teman-teman yang senang mempelajari hal-hal baru. 

Lalu, menu apa saja yang ada di website kursus tersebut? Untuk kursus IETLS sendiri, tampilan websitenya seperti gambar di bawah ini:

Tampilan untuk kursus IELTS dari Queensland University
Seperti yang terlihat di gambar, menu-menu yang tersedia sangat mendukung belajar otodidak. Menu 'Course' untuk belajar aktif, 'Progress' untuk melihat kemajuan belajar kita, 'Discussion' untuk bertanya dan berdiskusi dengan sesama pelajar atau dengan pengajar, dan 'Syllabus' untuk melihat pelajaran apa saja yang akan kita peroleh. Menu yang bagiku sangat memotivasi adalah menu 'Progress' sehingga kita bisa memantau perkembangan belajar kita.

Lalu, bagaimana dengan cara belajarnya? Baiklah, untuk menjawab pertanyaan ini, aku akan memberikan tampilan di menu 'Course':
Tampilan Menu Course

Jadi, kita dapat memilih materi apa saja terlebih dahulu yang akan dipelajari, selanjutnya kita akan disuguhi dengan video pembelajaran yang akan memberikan penjelasan tentang materi, jumlah video yang ditayangkan tergantung materi yang dipelajari. Untuk melanjutkan, kita bisa klik tombol 'Next' yang tertera di bagian bawah laman. 

Menu yang bersimbol buku menunjukkan latihan-latihan untuk memberikan contoh lanjut terhadap materi yang telah diterangkan di video pembelajaran. 

Menu yang bersimbol kertas dan pena menunjukkan tugas-tugas yang akan dinilai untuk menilai sejauh mana pemahaman kita akan materi, nilai yang tertera pada menu ini akan secara otomatis masuk ke dalam menu 'Progress' (seperti catatan nilai kita).  

Website ini juga menyediakan sertifikat bagi yang berminat, namun harus 'upgrade' dan melakukan pembayaran tentunya. 

Demikianlah tulisan singkat mengenai edX yang ingin saya bagi dengan teman-teman sekalian mengingat manfaat yang terkandung dalam website ini, sehingga kita bisa mengisi waktu luang untuk mempelajari hal-hal yang baru dan bermanfaat, ^^. Selamat belajar.


Comments