Skip to main content

Ayo Optimalkan Anti-Virus

Virus dan virus, sungguh mengganggu. Pernah suatu kali saya kehilangan data tugas di flashdisk karena virus, padahal tuga itu akan dikumpul keesokan harinya. Sehingga saya pun lemburlah untuk mengetik ulang data tersebut. Sungguh merepotkan.


Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mengoptimalkan penggunaan antivirus:

1. Bagi penggunaan offline, sebaiknya fasilitas auto update dimatikan saja, update dilakukan dengan manual atau ketika terhubung dengan internet. Selain itu Jika ada fasilitas Anti Spyware atau Email Scanner, atau fasilitas lain yang berhubungan dengan koneksi Internet, matikan saja untuk mengurangi pemakaian Memori dan CPU. Jika komputer kadang terkoneksi ke Internet, scan spyware dapat dilakukan secara manual. Oh ya, juga download update setiap seminggu sekali.
2. Bagi penggunaan online, kebalikan dari pengguna offline, fasilitas auto update dan anti spyware diaktifkan.
3. Optimalisasi umum, yaitu: sering memeriksa karantina virus, jika file benar-benar tidak diperlukan maka dibuang saja, kemudian aktifkan fasilitas report dan simpan dalam berkas yang mudah diingat, Selalu aktifkan Resident Shield/Guard, karena ini yang selalu memonitor file-file setiap saat, Jika tidak penting sekali, hindari pemakaian 2 antivirus atau lebih secara bersamaan.
4. Untuk scan virus, sebaiknya pilih setting Karantina virus dan saat men-scan tidak menjalankan program lain, dan matikan screensaver.

semoga bermanfaat

Comments